Bawaslu Pangandaran Sosialisasikan dan Implementasi Perbawaslu Nomor 5 Tahun 2022

  • Bagikan

Berita Pangandaran (Ragam News)- Dalam rangka meningkatkan Kesiapan Pengawasan Penyelenggaraan PemiluTahun 2024, Bawaslu Kabupaten Pangandaran menyelenggarakan Sosialisasi dan Implementasi Perbawaslu Nomor 5 Tahun 2022, tentang PengawasanTahapan Penyelenggaraan Pemilu Penyusunan Pemutakhiran Data Pemilih, bertempat di salah satu hotel di Kabupaten Pangandaran, Sabtu 11 Februari 2023.

Ketua Bawaslu Pangandaran, Iwan Yudiawan mengatakan, karena hari ini sudah mulai ke tahapan pemutakhiran data, maka hari Bawaslu mencoba sosialisasikan pengawasan penyusunan data pemilih.

“Hari ini juga penetapan Pantarlih, tentunya kami harapkan kaitan dengan pemutakhiran data pemilih ini ada kontribusi aktif yang dilakukan oleh seluruh unsur masyarakat, minimal ketika masyarakat yang belum masuk ke dalam DPT maka mereka menyampaikan kepada kami jajaran Bawaslu sampai ke pengawas Dmdesa atau pun jajaran KPU sampai ke PPDP atau PPS,” katanya 13/02/2023.

Iwan menambahkan, bahwa hal itu penting bagaimana supaya masyarakat tidak apatis kaitan dengan pemutakhiran data.

“Pemilu ini ada tiga komponen penting, yang pertama ada pemilih yang kedua ada peserta, kemudian ada penyelenggaraan, kalau salah satunya tidak ada, maka tidak akan jadi pemilu,” jelas Iwan.

Sedangkan, kaitan dengan pemutakhiran data sendiri sangat penting, jangan sampai terjadi permasalahan klasik, misalkan persoalan yang meninggal hidup lagi dan lain sebagainya.

“Kemarin kami sudah berkoordinasi dengan pemerintahan juga, bagaimana untuk memudahkan ketika yang sudah meninggal di Desa itu, karena harus ada sertifikat akta kematian, dan itu dicoret dalam kependudukan begitun KPU juga di dorong berkoordinasi untuk memudahkan hal itu,” tuturnya. (EN)*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *