Cigorowek Kampung Yang Tersohor Dengan Kampung Madu Murni di Dataran Tinggi Pangandaran

  • Bagikan

Berita Pangandaran (Ragam News)-Cigorowek adalah nama sebuah dusun di wilayah Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Dusun yang terletak di lereng dan dikelilingi oleh pegunungan ini terkenal dengan penghasil madu murni.

Away salah seorang warga Dusun Cigorowek mengatakan, sejak dulu Cigorowek memang sudah terkenal dengan madu murni, warga disini yang terbiasa mencari lebah madu tidak berani mencampurkan madu dengan bahan lain.

“Bagi masyarakat disini mencampurkan madu dengan bahan lain untuk dijual adalah tabu atau istilah orang sinimah bilangnya pamali, makanya dari dulu Cigorowek terkenal sekali dengan madu murninya, ” Katanya.

Banyaknya pohon- pohon tinggi dengan berbagai jenis bunga menunjang sekali akan populasi lebah di sini, maka tak heran jika disini lelalu tersedia madu murni.

“Pada dasarnya lebah menghasilkan madu itu sebenarnya musiman, jika musim bungan berarti musim madu pula, jadi jika musim baungan setok madu di masyarakat yang biasa mencari madu tentu banyak, namun jika tidak lagi musim bungan setok madunya juga biasanya sedikit, ” Paparnya.

Sementata Dadi ketua kominitas pohon Indonesia saat berkunjung ke Cigorowek mengatakan, pohon- pohon besar dengan berbagai jenis bunga sangat menunjang terhadap populasi lebah madu.

“Jelas terbukti bahwa hutan, pohon dan kekayaan alam yang berada di gunung harus digaja dan dilestarikan, terbukti warga disini banyak yang menggantungkan hidupnya dihutan, ” Katanya.

Madunya saya mencoba sangat enak, harganya juga terjangkau dan dari sekian banyak madu disini ternyata semuanya dari hutan.

“Semuanya dari alam, belum ada yang membudidaya lebah pedahal jika melihat alam seperti ini memelihara dan membudidaya lebah sepertinya akan menjanjikan, ” Katanya.

Harga madu disini tergantung dari besar kecilnya kemasan. Jika kemasan dengan botol besar harganya Rp. 150.000, botol ukuran sedang Rp. 100.000 dan botol kecil Rp. 50.000. (en) *

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *