Kaya Manfaat Petani Pangandaran Akan Budidaya Kelor

  • Bagikan

Berita Pangandaran (Ragam News)  Kaya akan manfaat, petani asal Pangandaran akan budidaya kelor. Daun kelor sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia, diketahui daun kelor nutrisi seperti kalsium dan mineral seperti tembaga, besi, seng (zinc), magnesium, silika dan mangan. Daun kelor juga bisa menjadi pelembab alami, memiliki kegunaan untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.

Meski kaya manfaat namun belum banyak petani di Pangandaran yang mencoba membudidaya pohon kelor. Pedahal menurut penelitian pohon kelor bisa tumbuh subur di alam Pangandaran.

Salah seorang petani Tarli Sutarli mengatakan, untuk mewujudkan mimpinya agar petani di Pangandaran bisa mengahsilkan uang dari budidaua kelor saya melakukan study banding ke perkebunan kelor di wilayah Jawa Timur.

“Nanti sepulang dari sini saya akan mencoba mengaplikasikannya di Pangndaran cara menanam dan memelihara pohon kelor agar tumbuh subur dan menghasilkan uang,” katanya 26/08/2022.

Meski daun kelor memiliki ukuran yang kecil, namun ternyata daun kelor memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

“Daun kelor dipercaya bisa mencegah penyakit diabetes, mencegah hipertensi, menjaga kesehatan dan fungsi otak, mencegah kanker, menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata dan banyak lagi yang lainnya,” paparnya.

Jika dulu masyarakat di Pangandaran banyak yang menanam pohon kelor di pekarangan rumah, namun saat ini sudah sulit ditemukan. Pedahal Pohon kelor sangat cocok ditanam di alam Pangandaran.

“Saya berharap kedepan masyarakat terutama para petani bisa memanfaatkan lahannya dengan ditanami pohon kelor dan Pangandaran bisa menadi penghasil daun kelor,” imbuhnya.

Lebih lanjut Tarli mengatakan, dun kelor juga bisa dijadikan lalapan, sayur dan busa di bikin jus.

“Intinya hasil studi banding saya akan saya aplikasikan di Pangndaran agar para petani bisa menghasilkan uang dari budidaya pohon kelor, karena ternyata daun kelor selain kayaanfaat juga bisa di jual tentunya dengan harga yang lumayan mahal,” pungkasnya.(Eni)*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *