Ketahui 10 Kiat Mengolah Daging Kurban Cepat Empuk Dengan Mudah

  • Bagikan
Daging Sapi Daging Kurban
Istimewa

Berita (Ragam News) – Perayaan Idul Adha identik dengan daging kurban yang sering kali dimasak menjadi hidangan lezat. Akan tetapi, untuk menghasilkan daging yang enak dan empuk membutuhkan waktu yang cukup lama.

Terdapat beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengempukkan daging, mulai dari teknik memotong daging, menggunakan beberapa bahan tambahan, hingga proses memasaknya.

Melansir Kompas.com berikut 10 kiat mengempukkan daging dengan cara yang mudah untuk mengolah daging kurban:

1. Membuang urat-urat daging

Dalam sepotong daging, terdapat urat yang menyebabkan daging menjadi keras sehingga membutuhkan waktu memasak yang lama untuk mengempukkan daging.

Oleh sebab itu, sebaiknya buang urat pada daging sebelum proses memasak untuk membuat daging menjadi empuk.

2. Memotong dengan cara berlawanan arah seratĀ 

Memotong daging dengan cara berlawanan arah serat untuk membuat serat daging menjadi lebih pendek. Jika serat pada daging sudah pendek, maka daging akan lebih cepat matang dan empuk serta dapat dengan mudah untuk dikunyah.

3. Gunakan Jus Nanas/Buah NanasĀ 

Salah satu bahan alami yang bisa membuat daging menjadi empuk adalah buah nanas. Mengapa? Karena terdapat asam dalam nanas yang cukup kuat untuk mengempukkan daging.

Adapun, cara untuk membuat daging menjadi empuk dengan buah nanas ialah dengan memotong-motong nanas menjadi beberapa bagian atau dengan nanas yang sudah dibuat jus.

Baluri daging yang sudah dipotong dengan nanas tadi, jangan mendiamkan daging dalam jus nanas selama lebih dari 12 jam.

4. Gunakan Baking Soda

Mengutip Live Strong, baking soda berfungsi untuk menetralkan asam dan meningkatkan pH pada permukaan daging sapi. Jika bagian luar daging sapi sudah lebih basa, daging sapi bisa empuk dan tidak menyusut atau keras.

Terdapat 2 cara menggunakan baking soda untuk mengempukkan daging. Cara pertama, daging sapi yang sudah dibersihkan dibaluri oleh baking soda. Kemudian diamkan selama 30 menit.

Cara kedua, larutkan baking soda terlebih dahulu dalam air. Kemudian, masukan daging sapi dan rendam selama beberapa saat.

5. Gunakan Daun Pepaya

Bukan hanya buahnya yang enak dan kaya akan vitamin, daun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk mengempukkan daging. Caranya ialah dengan meremas daun pepaya terlebih dahulu, kemudian dicampurkan ke dalam potongan daging dan diamkan selama 60-90 menit.

Gunakan satu daun pepaya banding empat daging sapi. Misalnya, cukup pakai 250 gram daun pepaya untuk mengempukkan daging sebanyak satu kilogram.

6. Buang selaput putih

Selaput putih atau disebut juga jaringan ikat (connective tissue) perlu dibuang untuk menghasilkan daging yang empuk.

Gunakanlah pisau yang tajam untuk membuang selaput putih ini di sekitar daging. Lakukan dengan perlahan agar tidak melukai tangan.

7. Marinasi dengan buttermilk

Melansir Kompas.com marinasi merupakan proses membumbui protein hewani menggunakan marinade. Protein hewani ini salah satunya ialah daging sapi.

Misalnya, kandungan asam laktat yang terdapat dalam buttermilk mampu melemahkan serat dan membuat daging menjadi empuk. Proses ini dilakukan selama 20-40 menit agar dapat menyerap ke dalam daging.

8. Melumuri daging dengan garam

Garam yang ada di dapur juga bisa dimanfaatkan untuk mengempukkan daging. Garam didapati mampu memecah serat otot daging tanpa merusak rasanya dan aman digunakan untuk melunakkan daging.

Cukup dengan cara menaburkan garam pada permukaan daging kemudian diamkan selama 1-2 jam. Bilas dan tepuk-tepuk permukaan daging hingga kering.

9. Gunakan Cuka putih

Kiat selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengempukkan daging ialah dengan menggunakan cuka putih. Dengan menambahkan cuka putih satu hingga dua sendok makan ke dalam panggangan daging. Selain itu, dapat pula merendam daging di dalam cuka putih selama 2 jam sebelum dimasak.

10. Gunakan Bubuk Kopi

Bukan hanya minumannya yang enak, kopi juga bisa dimanfaatkan untuk mengempukkan daging. Mengapa? Karena dalam kopi terdapat enzim protease yang dapat memecah protein dalam daging.

Mengempukkan daging dengan kopi ialah dengan melarutkan kopi dalam larutan air. Lumuri daging dengan kopi kemudian diamkan selama beberapa saat.

Gunakan sedikit saja kopi dalam proses marinasi ini. Jangan terlalu banyak, jangan lupa terlalu sedikit.

Selamat mencoba.

(Bebe).

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *