KPU Kabupaten Pangandaran Gelar Tes CAT Untuk Calon PPS

  • Bagikan

Berita pangandaran (Ragam News)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran menggelar Tes Tertulis Computer Assisted Test (CAT) Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024.

Ketua KPU Pangandaran Muhtadin menyampaikan sebanyak 855 orang Calon Anggota PPS menjalani Tes CAT yang diselenggarakan selama tiga hari, 9 sampai 11 Januari 2023, bertempat di Laboratorium SMP Negeri 1 Pangandaran.

Secara keseluruhan, jumlah Calon PPS mendaftar 1.232 orang dan yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 855 orang dan berhak mengikuti Seleksi Tertulis dengan metode CAT.

“Antusias masyarakat sangat luar biasa pendaftar sampai 1.232 orang dan yang dinyatakan lolos administrasi dan dilanjutkan tes CAT ada 855 orang” jelasnya.9/01/2023.

Pelaksanaan Tes CAT dibagi dengan beberapa sesi setiap harinya dan dimonitor oleh Ketua dan Anggota KPU Pangandaran, Bawaslu Pangandaran, Sekretaris KPU Pangandaran dan jajaran panitia lainnya.

Muhtadin menambahkan melalui tes CAT ini calon anggota PPS akan diuji mengenai pengetahuan kepemiluan, wawasan kebangsaan, dan beberapa soal psikotes dan pembuat soal nya langsung dari KPU RI.

“Materi yang diujikan diantaranya tentang kepemiluan, wawasan kebangsaan, dan soal logika psikotes” imbuhnya.

Divisi SDM Sosparmas Maskuri Sudrajat menambahkan bahwa KPU Pangandaran akan menetapkan peringkat 1 hingga 9 (tiga kali kebutuhan) di tiap desa se-Kabupaten Pangandaran, dan selanjutnya akan mengikuti tes wawancara.

“Dari hasil tes CAT ini kita tetapkan 9 orang atau 3 kali kebutuhan anggota PPS di masing-masing desa untuk masuk sesi berikutnya yaitu seleksi wawancara” tegas Maskuri Sudrajat.

Pengumuman Seleksi Tertulis dilaksanakan pada tanggal 15 hingga 17 Januari 2023. Sembilan orang calon yang dinyatakan lulus Seleksi Tertulis CAT berhak maju ke tahap Seleksi Wawancara yang digelar tanggal 18 hingga 20 Januari 2023, masa tanggapan dan masukan dari masyarakat terhadap calon PPS tanggal 6 Januari hingga 17 Januari 2023.

” Untuk penetapan anggota PPS terpilih tanggal 23 Januari 2023 dan pelantikan PPS terpilih tanggal 24 Januari 2023,” pungkasnya.(En)*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *