Nasi Lemeng Kuliner Khas Langkaplancar Yang Menggugah Selera

  • Bagikan

Berita Pangandaran ( Ragam News)- Nasi lemeng merupakan Kuliner Khas Langkaplancar, rasa dan aromanya yang menggugah selara membuat kuliner ini digandrungi berbagai kalangan.

Nasi lemeng adalah nasi yang dimasak didalam ruas bambu dengan cara dibakar dan dibungkus dengan daun ramasi lalu dibakar sampai matang.

Nasi lemeng tidak hanya disukai para pendatang atau tamu yang datang ke Langkaplancar, namun warga Langkaplancar sendiri sangat menyukai yang namanya nasi lemeng.

Salim salah seorang warga Langkaplancar mengatakan, dulu leluhur kita di wilayah Langkaplancar terbiasa dengan nasi lemeng karena tidak semua warga memiliki perabotan rumah tangga yang pabrikan, maka tak heran jika sebagian besar warga dulu memasak dengan menggunakan banbu.

“Jadi yang namanya nasi lemeng merupakan warisan turun temurun dan kini disaat perabotan rumah tangga dan alat memasak sudah pada canggih ternyata nasi lemeng masih menjadi makanan paforit dan menjadi kuliner yang disukai berbagai kalangan,” katanya.

Nasi lemeng saat ini biasa sisajikan saat menjamu tamu dari luar daerah atau saat melakukan survival ke hujan.

“Jika ada tamu dari luar daerah atau saat kita bepergian ke hutan maka biasanya kita memasak nasinya nasi lemeng, hal itu mengingat jika membawa alat masak dari rumah kan repot,” paparnya.

Biar rasa dan aromanya khas, saat memasak lemeng tentunya ditambah bumbu rempah sepeti daun salam, daun kopo.

“Kelebihan dari nasi lemeng selain rasanya lebih enak dibanding nasi biasa, makan nasi lemeng juga lebih tahan lapar, namun cara masaknya juga lebih lama dibanding memasak dengan alat dapur moderen,” pungkasnya.(EN)*

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *