Persiapkan 5 Hal Ini Untuk Kamu Mahasiswa Baru Sebelum Awal Masuk Kuliah

  • Bagikan
Mahasiswa Baru
Pinterest

(Ragam News) – Tidak terasa sudah memasuki bulan Juli. Berarti siswa dari berbagai SMK/MA kelas 12 yang telah lulus sudah melewati beberapa tahapan seleksi masuk PTN dan PTS. Mulai dari SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN, UMPTKIN dan beberapa seleksi mandiri PTN maupun PTS. Bukan lagi siswa tentunya, kelas 12 yang sudah lulus dan melanjutkan ke Perguruan Tinggi kini sudah menjadi calon mahasiswa baru.

Nah, untuk calon mahasiswa baru yang sudah dinyatakan lolos melalui salah satu seleksi, selamat, ya. Mulailah mempersiapkan diri menjadi calon mahasiswa baru di kampus impian. Lakukan persiapan dengan matang dan terencana, agar hari pertama di kampus berjalan dengan baik dan menyenangkan tentunya.

Untuk kamu yang masih bertanya-tanya, apa saja sih yang harus dipersiapkan sebagai awal masuk perkuliahan? Bagaimana perkuliahan sebagai mahasiswa baru? Melansir pahamify.com berikut hal-hal yang bisa dilakukan sebagai persiapan awal masuk kuliah:

Persiapan Masuk Kuliah bagi Mahasiswa Baru

Memasuki awal masa perkuliahan, menjadi momen baru dalam hidup yang berarti kamu sudah satu tingkat naik dari sebelumnya. Kamu akan disuguhkan dengan lingkungan baru, teman baru, sistem pembelajaran baru, termasuk tanggung jawab baru tentunya. Meskipun sadar akan hal itu, terkadang hal-hal baru tersebut membuat kamu merasa tegang karena bingung harus bersikap seperti apa.

Nah, berikut 5 hal yang bisa dilakukan sebagai persiapan menghadapi awal masuk kuliah.

Persiapan Mental yang Lebih Kuat dari Sebelumnya

Mempersiapkan mental diperlukan agar kamu paham perbedaan kehidupan kampus dengan kehidupan sekolah sebelumnya. Misalnya, pada masa sekolah dulu kamu sering diberi informasi dari guru, lain halnya dengan kuliah. Di masa perkuliahan, kamu harus aktif mencari semua informasi yang ada di kampus, termasuk jadwal ujian dan kehadiran dosen. Di bangku kuliah, kamu dituntut menjadi pribadi yang mandiri. Dosen juga tidak akan selalu menyuapi kamu dengan materi-materi, melainkan kamu sendiri yang harus memiliki kesadaran penuh untuk mempelajari materi kuliah.

Untuk itu, persiapkan mental sejak awal agar proses perkuliahan kamu tidak terhambat nantinya.

Ikuti Agenda Ospek

Sebelum memasuki kegiatan perkuliahan, ospek mahasiswa baru sudah sering dilakukan di berbagai PTN maupun PTS. Dalam kegiatan ini, kamu akan dikenalkan mengenai bagaimana kehidupan kampus terlebih dahulu. Kamu juga akan dibekali informasi seputar universitas, fakultas, jurusan, serta organisasi-organisasi yang ada di kampusmu. Nah, kamupun memiliki kesempatan untuk berkenalan dengan teman baru melalui kegiatan ini.

Kenali Lingkungan Kampus

Setelah mengikuti kegiatan ospek, kamu pastinya sudah memiliki beberapa informasi mengenai kampusmu, seperti fasilitas, pembelajaran, atau dosen-dosen yang mengajar di jurusanmu. Namun, hal itu belum cukup. Sebagai persiapan awal masuk kuliah yang lebih matang, kamu perlu mengenali kehidupan kampus lebih jauh.

Hal pertama yang bisa kamu persiapkan saat memasuki kegiatan perkuliahan, ialah cara mengurus KRS (Kartu Rencana Studi). Kamu juga bisa mulai belajar cara membuat kartu perpustakaan, cara mengecek nilai, dan lain sebagainya.

Ketahui juga kondisi di lingkungan sekitar kampus. Misalnya, transportasi, tempat makan, toko peralatan tulis, tempat fotokopi, dan sebagainya. Hal-hal seperti ini akan membantu berjalan proses perkuliahan kamu nantinya, lho.

Cari Relasi Sebanyak-banyaknya

Dalam kegiatan ospek sebelumnya kamu mungkin sudah memiliki kenalan dan teman baru. Nah, relasi di bangku perkuliahan tentunya harus lebih luas karena kehidupan kampus juga merupakan lingkungan yang luas. Tidak hanya teman satu jurusan atau satu angkatan saja, sebaiknya kamu juga menjalin pertemanan dengan jurusan maupun angkatan lain. Cobalah bergaul dengan kakak tingkat, agar bisa membantu proses perkuliahan kamu nantinya.

Kenali Dosen, Jadwal Kuliah, dan Materi Pembelajarannya

Mengenal siapa dosen, jadwal kuliah dan materi pembelajarannya menjadi persiapan awal masuk kuliah berikutnya. Kamu harus paham, tidak semua dosen memiliki sikap atau cara mengajar sama. Di bangku kuliah, ada banyak sekali cara pembelajaran yang diterapkan. Seperti menjelaskan melalui PPT, diskusi kelompok, video, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa hal penting yang bisa kamu persiapkan sebagai awal masuk kuliah. Jangan sampai proses kuliahmu terganggu karena persiapan di awal kuliah yang kurang matang, ya!

(Bebe)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *