Setelah Dilantik, Panwascam meminta Pengawas TPS Fokus Melakukan Pengawasan Terhadap Orang Yang Dilarang Terlibat Dalam Kampanye

  • Bagikan

Berita Pangandaran (RagamNews)-Sebanyak 162 orang Pengawas TPS (PTPS) se Kecamatan Langkaplancar dilantik oleh ketua Panwascam Bertempat di Aula Desa Karangkamiri pada Senin 22 Januari 2024. Panwascam menekankan PTPS Fokus mengawasi orang yang dilarang terlibat dalam kampanye seperti ASN, TNI/Polri, BPD, Perangkat Desa dan tentunya para Kepala Desa.

Ketua Panwascam Langkaplancar Muhammad Komara mengatakan, pelantikan PTPS hari ini dilakukan secara serentak di semua Kecamatan di Kabupaten Pangandaran. Saya menekankan agar PTPS fokus mengawasi orang yang memang tidak diperbolehkan dalam pelaksanaan kampanye.

“Pelantikan PTPS ditandai dengan pengucapan sumpah janji yang dipandu langsung oleh Ketua Panwascam dan dilanjutkan dengan pembacaan pakta integritas oleh perwakilan PTPS, kalian sudah di lantik dengan begitu maka kalian harus siap mensukseskan jalannya Pemilu, ” Katanya, 22/01/2024.

Prosesi pelantikan PTPS juga dihadiri oleh perwakilan dari Bawaslu Kabupaten dan Unsur Forkopimcam.

Setelah sesesai pelantikan,semua PTPS diberikan pembekalan, mereka diberikan wawasan tentang tugas, kewajiban dan wewenang PTPS pada Pemilu 2024 mendatang.

“Untuk lebih mengetahui tugas dan pungsi PTPS nantinya mereka akan diberikan bimbingan teknis selama 2 kali dengan harapan mereka lebih memahami tugas dan kode etik sebagai penyelenggara Pemilu, ” Paparnya.

PTPS bekerja selama sebulan terhitung sejak hari ini. Jadi setelah ini PTPS harus berkoordinasi dengan pemangku wilayah di TPS nya masing- masing, baik itu RT atau Kepala Dusun sebelum mereka bertugas.

“PTPS adalah ujung tombak pengawasan Pemilu, oleh karena itu semua PTPS harus menjalankan tugasnya dengan profesional, menjaga integritasintegritas sampai berahirnya masa tugas agar Pemilu berjalan dengan Jurdil,” Pungkasnya. (En) *

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *